Pelayanan Apotek yang baik merupakan salah satu kunci untuk menjaga loyalitas pelanggan. Dengan pelayanan yang maksimal, reputasi bisnis Anda akan semakin baik loh! Untuk membantu Anda meningkatkan layanan, Gmin akan memberikan beberapa tips supaya Anda bisa membangun reputasi yang positif. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!
1. Tips 1: Tingkatkan Komunikasi

Tips pertama adalah meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Anda pasti pernah mendengar kutipan “communication is key”, nah disini Gmin mengajak Anda untuk menerapkan kutipan tersebut sebagai kunci kesuksesan bisnis Apotek! Berikut langkahnya:
- Jika pelanggan datang ke Apotek, sambut mereka dengan ramah dan jalin komunikasi yang baik. Disini Anda bisa mulai dari menyapa, kemudian bertanya mengenai kebutuhan dan memberikan informasi obat atau alat kesehatan lain yang dibutuhkan
- Setelah pelanggan bertanya mengenai produk yang mereka butuhkan, Anda harus memberikan informasi mengenai produk dengan jelas. Jika produk tersebut merupakan obat-obatan, maka Anda dapat memberikan informasi mengenai cara penggunaan, efek samping, interaksi obat dan waktu konsumsi obat
- Saat menjelaskan produk, pastikan Anda menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Hindari menggunakan istilah yang terlalu teknis karena pelanggan mungkin tidak mengerti penjelasan yang diberikan.
2. Tips 2: Sering Memberi Promosi dan Rekomendasi Produk

Tips kedua adalah memberikan promosi dan rekomendasi produk. Semua orang menyukai promo loh! Dengan memberikan promo produk, Anda bisa membuat pelanggan semakin nyaman berbelanja di Apotek.
- Untuk meningkatkan penjualan, Anda juga bisa membuat program promosi yang dapat menarik pelanggan. Promosi tersebut dapat berupa diskon, paket hemat obat hingga promo bundling. Promosi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan kondisi Apotek.
- Anda juga bisa memberikan rekomendasi produk sesuai dengan pelanggan yang datang ke Apotek. Misalnya ketika ada orang lanjut usia yang datang, Anda bisa menawarkan produk susu yang dapat memperkuat tulang lansia.
- Seperti yang sudah Gmin sebutkan sebelumnya, Anda bisa memberikan edukasi terkait produk-produk dan juga manfaatnya. Disini, Anda juga bisa memberikan pilihan obat sesuai dengan kebutuhan pelanggan, jelaskan juga perbandingan produk
- Untuk membuat pelanggan merasa lebih nyaman berbelanja, Anda juga bisa membuat program loyalitas di Apotek. Program tersebut dapat berupa poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai macam penawaran menarik. Sistem loyalitas sendiri dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan produk apa saja yang tersedia.
- Saat Anda sudah menentukan jenis promo untuk pelanggan, jangan lupa untuk menawarkan secara langsung ya! Anda juga bisa memberikan penawaran melalui media sosial atau menggunakan aplikasi WhatsApp Bisnis.
3. Tips 3: Pastikan Pelanggan Memiliki Pengalaman yang Nyaman dan Menyenangkan

Tips ketiga adalah memaksimalkan pelayanan agar pelanggan merasakan kemudahan dalam berbelanja. Berikut tipsnya:
- Dengan memastikan ketersediaan stok obat, Anda dapat menghindari ketidaktersediaan stok yang dapat menimbulkan kekecewaan pelanggan.
- Seperti yang diketahui bersama, saat ini kita sudah memasuki era digital. Maka itu, Anda bisa menyediakan berbagai macam pilihan pembayaran agar pelanggan lebih nyaman berbelanja di Apotek.
4. Tips 4: Memberikan Pelayanan Terbaik

Disini pelayanan terbaik berarti memastikan seluruh karyawan Apotek mengetahui cara menangani pelanggan dengan baik, sehingga pekerjaan jadi lebih efektif. Berikut cara yang Gmin rekomendasikan:
- Saat melayani pelanggan, Anda harus cepat tanggap dan jangan biarkan ada antrian panjang yang membuat pelanggan tidak nyaman
- Hindari melakukan multitasking saat melayani satu pelanggan, agar pelanggan tidak merasa ditinggalkan atau merasa tidak dilayani dengan baik
- Seluruh karyawan Apotek, termasuk Apoteker harus diberikan pemahaman yang baik mengenai cara melayani pelanggan, cara menjawab pertanyaan terkait keluhan hingga pertanyaan mengenai produk obat-obatan yang harus dibeli.
- Ketika terdapat seminar maupun workshop seputar kesehatan maupun produk kesehatan, Anda bisa mengikuti kegiatan tersebut sehingga tetap update. Selain kegiatan eksternal, Anda juga bisa membuat kegiatan internal seperti sharing untuk meningkatkan pengetahuan
5. Tips 5: Pastikan Operasional Apotek Lancar dengan GPOS Lite
GPOS Lite dapat membantu Anda untuk meningkatkan efisiensi dalam operasional Apotek. Selain dapat membantu meningkatkan layanan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk manajemen stok obat, mencatat transaksi penjualan dan mempermudah laporan keuangan.
Komitmen dan kerjasama yang baik dengan pengelola dan pekerja di Apotek sangat diperlukan untuk meningkatkan layanan. Maka itu, yuk mulai terapkan beberapa tips yang sudah Gmin sebutkan di atas dan mulai terapkan saat menjalankan operasional Apotek. Semoga berhasil ya!
Sumber:
https://blog.apotekdigital.com/cara-jitu-untuk-meningkatkan-kepuasan-pelanggan-di-apotek