Pentingnya Terdaftar di ASPAK Kemenkes Bagi Fasilitas Kesehatan!

ASPAK Kemenkes Apotek
Table of Contents

ASPAK merupakan kependekan dari Aplikasi Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan. Aplikasi berbasis web ini mengumpulkan dan menyajikan data dan informasi mengenai sarana, prasarana dan alat kesehatan yang tersedia di Faskes. Ketersediaan sarana dan prasarana merupakan faktor penting yang harus ada pada layanan kesehatan, termasuk bisnis Apotek

Gmin ingin menginformasikan bahwa data yang diambil dari ASPAK nantinya akan digunakan untuk memenuhi perencanaan kebutuhan standar, izin operasional, penetapan klasifikasi Faskes dan penilaian akreditasi untuk pengembangan layanan. 

Berdasarkan hal itu, Anda harus memastikan bahwa data ketersediaan sarana dan prasarana Anda sudah terintegrasi dengan ASPAK. Namun jika data ketersediaan di Apotek Anda belum terintegrasi, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara pendaftaran dan penggunaannya, selamat membaca!

1. Apa itu ASPAK?

Apa itu ASPAK?

ASPAK Kemenkes berisi informasi yang meliputi data identitas fasilitas kesehatan, data sarana, data prasarana, data alat kesehatan dan data lainnya yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan. 

Layanan kesehatan di Indonesia harus menggunakan ASPAK untuk memastikan interoperabilitas sehingga optimalisasi data dapat tercapai. Adapun layanan kesehatan yang harus menggunakan aplikasi ini sebagai berikut: fasilitas kesehatan, dinas daerah kabupaten/kota dan dinas daerah provinsi.

Untuk menggunakan ASPAK, fasilitas pelayanan kesehatan maupun dinas daerah harus menyiapkan hardware yang kompatibel dan jaringan internet. Selain itu, pengguna diharuskan untuk memvalidasi data dari fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan pengelolaan data dan melakukan penyajian informasi mengenai ketersediaan sarana, prasarana dan alat kesehatan.

2. Prinsip ASPAK

Prinsip ASPAK

Prinsip Akuntabilitas

Prinsip akuntabilitas berarti semua data terkait sarana, prasarana dan alat kesehatan yang dicantumkan melalui ASPAK adalah data yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Prinsip Kontinuitas

Prinsip kontinuitas berarti semua data terkait sarana, prasarana dan alat kesehatan yang dicantumkan melalui ASPAK adalah data yang akan di update secara berkala untuk memenuhi prinsip. Berdasarkan prinsip kontinuitas, data yang ada pada ASPAK harus di update jika terjadi perubahan, penambahan, pemindahan dan penghapusan.

3. Tujuan ASPAK

Tujuan ASPAK

Tujuan ASPAK adalah menyediakan sistem informasi mengenai sarana, prasarana dan peralatan kesehatan di fasilitas kesehatan untuk memetakan ketersediaan dari masing-masing hal tersebut, ASPAK juga berfungsi sebagai alat dan panduan dalam pemenuhan sarana. Fakta ASPAK lainnya yang tidak kalah penting yaitu, aplikasi ini bertujuan untuk mengembangkan fasilitas layanan kesehatan.

4. Tata Cara Pendaftaran ASPAK

Tata Cara Pendaftaran ASPAK

Untuk memperoleh akun, fasilitas pelayanan kesehatan diharuskan untuk mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan yang sesuai dengan daerah izin kepemilikan, permohonan ini diajukan dengan format usulan ASPAK.

5. Tata Cara Penggunaan ASPAK

Tata Cara Penggunaan ASPAK

Seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menggunakan ASPAK harus mempunyai akun yang dapat diakses dengan username dan password. Seperti yang telah Gmin sebutkan sebelumnya, fasilitas pelayanan kesehatan harus mengajukan permohonan Dinas Kesehatan terkait untuk memperoleh akun.

Dalam penggunaan ASPAK, harus ada petugas pengelola yang bertanggungjawab untuk melakukan input data ketersediaan sarana, prasarana dan alat kesehatan. Petugas ini ditunjuk oleh masing-masing fasilitas kesehatan melalui SK resmi. ASPAK juga memiliki administrator yang berfungsi untuk melakukan pemeliharaan data aplikasi dan mengurus hal-hal seputar pengelolaan penggunaan aplikasi.

Untuk kepentingan input data, petugas dapat memasukkan data sesuai dengan seluruh ketersediaan yang ada di masing-masing layanan kesehatan. Data-data yang harus di input oleh petugas ASPAK diantaranya: penambahan data baru, perubahan data dan penghapusan data. Tujuan dilakukannya input data adalah untuk mempermudah pengelolaan layanan kesehatan, pengembangan layanan dan untuk memenuhi standar fasilitas layanan kesehatan.

Selain membantu pemetaan ketersediaan sarana dan prasarana alat kesehatan, aplikasi ini juga dapat membantu mendukung akreditasi Faskes loh! Gmin menyarankan Anda untuk menggunakan ASPAK secara optimal agar dampak positifnya dapat dirasakan oleh bisnis Apotek Anda. Selamat mencoba!

Sumber:
https://aspak.kemkes.go.id/aplikasi/infoboard
http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No._31_Th_2018_ttg_Aplikasi_Sarana,_Prasarana,_dan_Alat_Kesehatan_.pdf 

Share the Post:
Artikel Terbaru
Solusi Terbaik Kembangkan Bisnis Farmasi Anda

Langkah cepat dan lengkap untuk kembangkan bisnis farmasi di Era Digital 

Scroll to Top

Terima Kasih

 Follow sosial media GPOS dan ambil hadiah Anda di booth kami