Sebelum Pakai Aplikasi Apotek, Ketahui 7 Fitur yang Wajib Ada untuk Tingkatkan Omzet!

Fitur Aplikasi Apotek
Daftar Isi

Software atau aplikasi Apotek kini jadi banyak jadi pilihan untuk kelola bisnis, mulai dari administrasi hingga operasional. Kenapa? Alasan utama biasanya mengenai efektifitas dan efisiensi untuk tingkatkan performa dan omzet Apotek.

Apotek juga salah satu jenis usaha yang memiliki kompleksitas tinggi dalam pengelolaannya. Hal ini dikarenakan Apotek punya berbagai macam produk yang harus dikelola, mulai dari obat-obatan, alat kesehatan, hingga produk-produk lainnya. Selain itu, Apotek juga harus memenuhi berbagai macam regulasi dari pemerintah, seperti peraturan perundang-undangan, standar pelayanan kefarmasian, dan lain-lain.

Untuk membantu pengelolaan Apotek yang lebih efektif dan efisien, maka dibutuhkan sebuah software atau aplikasi khusus Apotek. Aplikasi Apotek dapat membantu dalam berbagai hal, mulai dari manajemen stok barang, manajemen penjualan, hingga manajemen keuangan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang wajib ada pada software Apotek untuk meningkatkan omzet bisnis.

1. Fitur Kelola Stok Barang

Fitur Kelola Stok Barang

Pertama, yaitu fitur untuk kelola stok barang di Apotek. Fitur ini paling penting dan harus ada pada aplikasi Apotek. Dasarnya, fitur ini berfungsi untuk mengelola stok barang di Apotek, mulai dari penambahan stok, pengurangan stok, hingga pengecekan stok. Dengan adanya fitur ini, apotek dapat dengan mudah memantau stok barang dan mencegah terjadinya kekosongan stok.

Fitur manajemen stok barang dapat membantu karyawan Apotek dan pemilik untuk memantau stok barang secara real-time. Hal ini dapat mencegah terjadinya kekosongan stok barang yang dapat mengganggu operasional apotek. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu Apotek dalam melakukan perencanaan pengadaan barang yang lebih efisien.

2. Fitur Penjualan atau POS (Point of Sales)

Fitur Penjualan atau POS (Point of Sales)

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah fitur POS (Point of Sales). Fitur ini berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan di Apotek. Fitur ini dapat membantu Apotek dalam mengelola penjualan, mulai dari mencatat data pelanggan, mencatat data obat yang dijual, hingga mencetak struk penjualan.

Fitur POS ini dapat membantu Apotek dalam mengelola transaksi penjualan dengan lebih akurat. Hal ini juga membantu Apotek dalam meningkatkan efisiensi operasional karena pelanggan bisa dilayani lebih cepat.

3. Fitur Manajemen Keuangan

Fitur Manajemen Keuangan

Keuangan adalah faktor paling krusial dalam suatu bisnis. Pencatatan yang akurat dapat memberikan gambaran jelas kepada stakeholder dan dasar pengambilan keputusan bisnis.

Pada aplikasi Apotek, fitur ini harus ada agar pengelolaan keuangan Apotek lebih akurat. Fitur ini biasanya menawarkan beberapa proses keuangan otomatis, mulai dari pencatanan pemasukan, pengeluaran, hingga pembuatan laporan keuangan.

Fitur ini dapat membantu Apotek dalam memantau arus kas dan membuat keputusan keuangan yang tepat. Apotek juga dapat meminimalisir kerugian karena memiliki laporan akurat hingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

4. Fitur Resep

Fitur Resep

Selanjutnya ada fitur yang hanya ada pada aplikasi Apotek, yaitu fitur manajemen resep. Salah satu fitur penting ini berfungsi untuk mengelola resep obat dari dokter sehingga pekerjaan Apoteker dan karyawan bisa lebih efisien. Dengan fitur resep ini, Apotek bisa memproses resep obat dengan cepat dan akurat.

Fitur manajemen resep dapat meningkatkan pelayanan di Apotek dalam hal kecepatan. Karena resep sudah berbentuk digital sehingga karyawan tinggal print resep dari aplikasi saja. Sistem digital juga dapat mengelola resep secara akurat sehingga dapat mengurangi human error.

5. Manajemen Pelanggan

Manajemen Pelanggan

Pada aplikasi Apotek penting ada daftar pelanggan dan juga sistem untuk mengelolanya. Fitur manajemen pelanggan ini berfungsi untuk mengelola data pelanggan Apotek. Fitur ini dapat membantu Apotek dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Data pelanggan ini juga dapat dianalisa untuk meningkatkan omzet Apotek. Anda juga bisa mengenal lebih dalam kebutuhan pelanggan sehingga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

6. Manajemen Karyawan

Manajemen Karyawan

Selain pelanggan, karyawan juga harus di-manage dengan baik. Maka itu, fitur manajemen karyawan cukup penting dimiliki sebuah aplikasi Apotek. Fungsi utamanya untuk mengelola data karyawan Apotek sehingga bisa meningkatkan performanya.

Fitur ini dapat membantu apotek dalam mengelola kinerja karyawan dan memberikan pelatihan yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan efisiensi operasional apotek.

7. Fitur Laporan yang Lengkap

Fitur Laporan yang Lengkap

Aplikasi dapat memudahkan Apoteker dalam membuat laporan. Aplikasi Apotek yang bagus pasti memiliki fitur laporan yang lengkap. Dengan fitur ini, berbagai aktivitas Apotek memiliki laporannya tersendiri sehingga bisa dianalisa secara terpadu.

Fitur ini dapat membantu apotek dalam membuat keputusan bisnis yang tepat. Hal ini dikarenakan fitur ini dapat menyediakan data dan informasi yang dibutuhkan oleh Manajemen Apotek untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Baca juga: Laporan Keuangan yang Wajib untuk Apotek

Fitur-fitur di atas dapat membantu Apotek dalam meningkatkan kinerja, performa hingga operasional bisnis secara signifikan. Jadi sebelum memiliki software atau aplikasi untuk Apotek Anda, baiknya Anda mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan. GPOS Lite bisa jadi pilihan aplikasi Apotek dengan banyak fitur multifungsi khusus Apotek #PakaiGPOSLitePastiCuan

Topik Terkini
Artikel Terbaru
Solusi Terbaik Kembangkan Bisnis Farmasi Anda

Langkah cepat dan lengkap untuk kembangkan bisnis farmasi di Era Digital 

Scroll to Top

Terima Kasih

Follow sosial media GPOS untuk lihat informasi terbaru